Tuesday, June 2, 2015

5. Error Prevention – sepatucibaduyut.web.id

Prinsip selanjutnya adalah prinsip Error Prevention yang memungkinkan pengguna seminimal mungkin melakukan kesalahan karena sistem telah memberikan informasi yang mungkin dapat mencegah terjadinya error dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh pengguna. Lebih baik membuat desain yang mencegah pengguna melakukan kesalahan dar ipada memunculkan pesan error yang bagus. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat kondisi pencegahan yang akan dilakukan pengguna atau melakukan pengecekan ulang dengan cara memunculkan konfirmasi kembali

1. Tidak Ada Batasan Jelas pada Form Konfirmasi
Untuk website penjualan online biasanya terdapat form - form yang harus di isi oleh pengguna berkaitan dengan barang, alamat pengiriman, konfirmasi pembayaran dan lain sebagainya. Disini saya mencoba memasukkan data konfirmasi pembayaran.



Data dummy saya masukkan ke dalam form dan sukses tersimpan pada database mereka. Sama sekali tidak ada perintah required atau wajib di isi pada label form terlebih lagi error handlingnya sangatburuk. Nilai rupiah total pembayaran merupakan hal yang sangat penting, tetapi mengapa hal yang sangat penting ini malah disepelekan sehingga sayapun dapat memasukkan nilai rupiah dalam bentuk text. Begitu juga dengan tanggal pembayaran sama sekali tidak ada error handling dalam hal ini.

2. Kesalahan Sistem di Tampilkan ke Pengguna
Hal ini terjadi ketika saya mencoba mengisikan form testimonial. Pada form memang tertulis required atau wajib di isi oleh pengguna yang akan mengisi testimonial, tetapi saya coba untuk sama sekali tidak mengisi apapun ke dalam form tersebut.





Apa yang terjadi? Diluar dugaan awal saya, ternyata sistem menampilkan kesalahannya kepada pengguna. Terlebih itu pengguna tidak diberi kebebasan untuk keluar dari error yang terjadi, pilihan exit pun tidak ada sama sekali.
 
Rekomendasi Perbaikan:
  1. Sebaiknya gunakan error handling dengan menambahkan batasan - batasan masukkan yang jelas. Misalnya untuk total pembayaran hanya dapat di masukkan nilai berupa angka saja tanpa tanda titik. begitu juga dengan tanggal pembayaran buatlah batasan hanya format tanggallah yang dapat dimasukkan atau dengan menabahkan javascript kalender. Tidak hanya menambahkan batasan yang jelas tetapi juga memberitahukan pada pengguna jika ada kesalahan input, dapat berupa tulisan merah berupa warning atau semacam pop up dan lain sebagainya.
  2. Sebisa mungkin sistem tidak menampilkan kesalahan sistem pada pengguna. Sebelum pengguna mengirim testimonial sebaiknya sistem tidak akan berpindah halaman sebelum semua data lengkap dengan adanya layanan validasi data yang akan masukkan. Jika kesalahan terjadi sekalipun sistem sebaiknya memberikan kebebasan juga pada pengguna untuk keluar dari error tesebut.

Severaty Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
0: Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1: Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2: Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3: Permasalahaan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
4: penting untuk diperbaiki sebelum product di release

Severaty rating / peringkat keparahan untuk beberapa masalah ini adalah : 3

3 comments:

  1. Baru tahu kalau website sepatucibaduyut.web.id pada form nya tidak ada requirmentnya haha, mungkin belom dikembangin lebih lanjut lagi ya haha kasian kalau ada yang iseng masukin asal kirim bisa bikin penuh database

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. dan mungkin bisa diperbaiki juga, jika sudah mengisi form, mungkin lebih baik jika ada review data yang telah diinputkan user, sehingga user dapat mengecek ada kesalhan atau tidak dengan data yang ingin dia inputkan.

    ReplyDelete