Monday, June 1, 2015

3. User control and freedom - sepatucibaduyut.web.id

User Control and Freedom dalam heuristic evaluation memungkinkan pengguna dapat leluasa mengontrol apa yang diinginkannya dalam sistem. Hal ini juga dapat berkaitan dengan kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna sehingga membutuhkan jalan cepat untuk kembali tanpa melalui aksi tambahan. Misalnya user salah klik,maka sistem menyediakan tombol exit atau kembali dan lain sebagainya.

1. Pengguna Tidak Bebas Berbelanja
Website penjualan online biasanya memudahkan customer yang akan membeli produk. Bahkan tidak jarang beberapa online shop mempunyai jargon 'sekali klik' yang menandakan bahwa belanja kini semakin mudah. Tetapi tidak pada kasus ini, disini saya mencoba berbelanja satu barang berupa sepatu boot.
 
Setelah keranjang belanja terisi, saya ingin melihat isi belanjaan saya, maka saya masuk ke halaman keranjang. Hasilnya baik, karena barang yang tadi saya pilih masuk ke dalam keranjang. Tetapi apa yang terjadi?


Ternyata saya lupa bahwa saya masih ingin belanja sepatu wedges lagi. Nah, disini saya mengalami kebingungan bagaimana cara selanjutnya untuk menambah belanjaan lagi ke keranjang saya? Tidak ada pilihan sama sekali untuk 'melanjutkan belanja', saya malah seakan - akan di arahkan untuk melanjutkan pembayaran produk sebelumnya. Alhasil saya kembali lagi ke ke menu utama dan memilih lagi barang yang saya inginkan untuk di simpan ke dalam keranjang.

2. Pengguna tidak bebas memilih metode pengiriman
Ketika saya mencoba membeli suatu barang, kemudian memasukkan alamat pengiriman. Pada form ini provinsi, kota dan kecamatan dapat kita masukkan secara detail, hal ini yang akan digunakan oleh sistem untuk menghitung biaya pengiriman.


Form selanjutnya menampilkan total ongkir berdasarkan masukkan yang telah dimasukkan sebelumnya. Tetapi apa yang aneh? ketika saya berada di form ini, tiba - tiba saja saya disugguhkan form total ongkos kirim tanpa saya bisa memilih jenis ekspedisi apa yang akan saya gunakan. Bagaimana kalau seandainya saya ingin mengguunakan layanan kilat atau paket yang dalam sehari sampai? Atau bagaimana kalau saya ingin menggunakan jasa expedisi lain yang lebih murah? Memang di bawah tertera bahwa jika kita ingin menggunakan ekspedisi lain dapat menghubungi CS, tetapi untuk customer yang menginginkan barang cepat sampai sungguh merepotkan.

Rekomendasi Perbaikan:
  1. Tambahkan pilihan untuk melanjutkan belanja pada halaman keranjang, agar memudahkan customer jika ingin belanja lebih dari satu produk yang berbeda.
  2. Sebaiknya gunakan pilihan metode ekspedisi yang memugkinkan pembeli dapat dengan bebas memilih jenis ekspedisi sesuai kebutuhan.

Severaty Rating / Peringkat keparahan : Merupakan penilaian berupa peringkat dari 0 - 4
0: Saya tidak setuju, tidak menjadi masalah
1: Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2: Permasalahan Minor, prioritas rendah (low priority)
3: Permasalahaan Mayor, prioritas tinggi (high priority)
4: penting untuk diperbaiki sebelum product di release

Severaty rating / peringkat keparahan untuk beberapa masalah ini adalah : 2



No comments:

Post a Comment